Minggu, 18 Oktober 2015



LAPORAN PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN
MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN PROMOSI PRODUK




 







Nama               : Wiwik Ambarwati
Npm                 : E1I014002
Prodi                : Ilmu Kelautan
Asisten dosen  : Maria Pustikawati
Dosen              : Nurlaila Ervina herliani ,S.Pi.,M.Si



PROGRAN STUDI ILMU KELAUTAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2015
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dikeadaan sekarang ini, keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat memprihatinkan , demi mencari sesuap nasi tak terhitung cucuran keringat yang telah dikeluarkan.Namun kita sebagai manusia yang diberikan pikiran  dan akal tidak boleh menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit.Kita harus terus  berusaha,kreatif,inovatif dan berani mengambil suatu keputusan serta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.Kita tidak harus bergantung pada orang lain untuk mendapatkan suatu pekerjaan.
Kita membutuhkan pekerjaan supaya  memperoleh penghasilan untuk membiayai kehidupan sehari-hari.Namun hal tersebut tidak dapat diwujudkan jika kita tidak memiliki kepercayaan diri. Karena seorang wirausaha adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut tanpa merasa malu untuk memulainya.Apabila kita tidak percaya diri,usaha yang akan kita jalani tersebut tidak akan berkembang bahkan tidak akan pernah mendapatkan keuntungan.
Sehingga modal pertama yang harus ada dalam berbisnis adalah kepercayaan diri.Dengan percaya diri,kita dapat mempromosikan barang atau jasa yang kita tawarkan tidak malu-malu sehingga orang lain mengetahui dan banyak yang tertarik untuk membelinya. Olehkarena itu, kita  perlu pengembangan usahanya, bagaimana cara pengelolaan barang-barang yang akan dibuat menjadi produk jual dan produknya itu dapat menarik hati konsumen.

1.2  Tujuan
Adapun praktikum ini bertujuan untuk:
1.      Meningkatkan percaya diri mahasiswa untuk untuk berinteraksi dengan orang lain
2.      Meningkatkan kepercayaan diri untuk memperlihatkan kemampuan berpromosi terhadap produk pada konsumen
3.      Meningkatkan kemampuan menemukan peluang pasar
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
            Alma (2005) mengatakan bahwa kewirausahaan berasal dari terjemahan “Entrepreneurship” yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “perantara”. Wirausaha sendiri berasal dari Bahasa Perancis, Entrepreneur yang dalam Bahasa Inggris berarti go between yang berarti “antara”.
Suryana (2003) mengemukaan bahwa kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui berfikir kreatif dan inovatif. Kewirausahaan merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengelolaan sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda melalui :
a. Pengembangan teknologi baru
b. Penemuan pengetahuan ilmiah baru
c. Perbaikan produk barang dan jasa yang ada
d. Penemuan cara-cara baru untuk menghasilkan barang lebih banyak dengan sumber daya lebih efisien.
Dengan demikian kewirausahaan berarti sekumpulan sifat-sifat atau watak yang dimiliki oleh individu yang menunjukkan besarnya potensi untuk menjadi wirausahawan (Herawati, 1998). Meredith et al.. (2002), mengemukakan wirausaha harus memiliki enam ciri ideal yaitu :
1.      Percaya diri
2.      Berorientasi tugas dan hasil
3.      Keberanian mengambil risiko
4.      Kempemimpinan
5.      Berorientasi ke masa depan
6.      Kreativitas dan Inovasi
Menurut Alma (2003), Seorang pengusaha harus dapat memiliki percaya diri. Artinya, sifat percaya diri seseorang tentunya membawa seseorang pada pergaulan yang lebih luas, namun bukan berarti bebas. Seorang pengusaha harus bisa menjalin pergaulan yang lebih luas yang nantinya dapat dijadikan pasar untuk usaha yang dijalaninya. Seorang wirausahawan perlu memiliki keterampilan dalam berkomunikasi interpersonal atau yang biasa disebut dengan kemampuan “bergaul”. Mengenali diri merupakan modal dan kekuatan, terutama kekuatan untuk membangun kekuatan berikutnya menuju sukses menangkap peluang bisnis, peluang kerja, peluang sukses, peluang peningkatan reputasi.
Kepercayaan diri tidaklah terbatas pada satu aspek dalam hidup dan tidak seorangpun terlahir dengan kepercayaan diri yang berlimpah yang meliputi seluruh aspek dalam hidupnya. Namun, dengan belajar cara menerapkan kepercayaan diri yang kita kembangkan dalam satu aspek ke seluruh aspek dalam hidup, maka dengan sendirinya kepercayaan diri dan sikap positif akan menggerakkan kita menuju semua target dan impian yang diharapkan.
Kepercayaan diri datang dari perasaan bahwa diri kita mampu. Jika melakukan sesuatu dengan baik, maka kepercayaan diri akan meningkat secara alami. Jadi, untuk meningkatkan kepercayaan diri kita perlu berlatih, baik itu dengan cara berkenalan dengan orang baru, berbicara di depan umum, mengatur orang lain, atau menjadi orang tua.












BAB III
METODOLOGI
3.1  Waktu dan tempat
Praktikum kewirausahaan ini dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2015 pukul 08.00 - 09.40 WIB di Kantin Pelangi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.

3.2  Alat dan bahan
Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah kaset CD karaoke,contokh produk yang ingin dipromosikan,VCD player,kime,dan kelas panggung orasi.

3.3  Cara kerja
Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat praktikum yaitu:
1.      Setiap praktikan menyiapkan CD karaoke,lalu memilih sebuah lagu
2.      Menyajikan lagu dengan suara dan gaya yang menarik perhatian pelanggan
3.      Menyampaikan orasi  atau promosi produk diantara bait lagu yang dibawakan
4.      Mahasiswa pendengar menjadi juri,menilai kepercayaan diri masing-masing anggota kelompok (penampilan ,volume suara ,ketertarikan pendengar,artikulasi (kejelasan kata ) dan intonasi suara).







BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1  Hasil
Mahasiswa Yang Dinilai
Kriteria Yang Dinilai
Penampilan
Volume Suara
Ketertarikan Pendengar
Artikulasi
Intonasi Suara
1.      Yohanes
66
75
80
76
73
2.      Erfina Lija Pahma
80
79
80
79
80
3.      Worken Malau
85
85
84
85
83
4.      Jupri Supriadi
75
73
70
75
75
5.      Najiah
76
75
75
70
73
6.      Erwina Susanti
75
73
80
70
75

4.2  Pembahasan
Pada praktikum pertama ini kami dapat mengetahui bahwasanya setiap orang memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda.Ini dapat dibuktikan dengan penampilan mereka saat mempromosikan produk yang mereka tawarkan dan cara mereka menyanyikan lagu.
Pada data yang diperoleh kita dapat mengetahui bahwasanya Worken Malau mempunyai kepercayaan diri yang bisa dikatakan baik.Kata-kata yang dia ucapkan sangat jelas dan tidak bertele-tele serta suara yang lantang.Sehingga banyak orang yang tertarik pada produk yang dia tawarkan.Dimana produk yang dia tawarkan yaitu cat pilok atau cat semprot untuk motor atau mobil.
Pada data juga memperlihatkan bahwa Najiah  mempunyai kepercayaan diri yang bisa dikatakan kurang.Ini disebabkan karena apa yang dia katakan orang-orang banyak yang tidak peduli.Suaranya yang kecil juga mempengaruhinya.Serta artikulasi dia saat mempromosikan produk tidak tepat.dimana dia mempromosikan  produk minuman yaitu Jelly drink.
Meskipun Yohanes pada penampilannya sedikit kurang karena dia merupakan praktikan yang tampil pertama kali.Sehingga rasa gugup itu muncul.Namun dari kegugupannya itu ,banyak orang yang tertarik pada produknya.Yohanes menawarkan barang elekronik berupa handphone (HP).



















BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1  Kesimpulan
Adapun kesimpulan pada praktikum ini yaitu :
1.      Meningkatkan kepercayaan diri dapat dilatih dengan cara membiasakan diri berkomunikasi dengan teman-teman di kampus.
2.      Apabila kita sudah terbiasa dalam berkomunikasi dengan orang lain maka kemampuan dalam berpromosi produk kita  pada konsumen bisa dikatakan baik pula.
3.      Kita dapat memperoleh atau mengetahui peluang pasar dari teman-teman kita tersebut.Yang mana pada setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda.

5.2  Saran
Alangkah baiknya apabila praktikum kewirausahaan ini dilaksanakan tepat waktu supaya waktu yang ditentukan untuk praktikum ini sesuai dengan jadwalnya.Serta Asisten Dosen sebaiknya terlebih dahulu menyiapkan alat-alat yang akan digunakan pada saat praktikum.










DAFTAR PUSTAKA

Buchari Alma. 2003. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Herawati.2009.Ide Promosi Untuk meningkatkan. http://jualabiz.blogspot.co.id/2009/11/10-ide-promosi-untuk-meningkatkan.html. Diakses pada tanggal 13 Oktober 2015.
Meredith, Geoffrey G. 2002. Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Jakarta : PPM
Suryana. 2003. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat

0 komentar:

Posting Komentar